Pembelajaran Kooperatif: Think Pairs Square

|

Think Pairs Square atau Berpikir-Berpasangan-Berempat / B3 ini sangat mudah pengelolaan kelasnya. Siswa tidak perlu berpindah dari tempat duduknya.

Tahapan pembelajaran kooperatif model Think Pairs Square / B3 ini hampir sama dengan tahapan pada model Think Pairs Share / B3K kecuali pada langkah d (tahap berbagi). Untuk model Think Pairs Square langkah tersebut diubah menjadi berdiskusi atau bertukar pendapat dan argumentasi dengan empat orang. Dengan demikian siswa berpikir/bekerja individual, kemudian berpasangan, setelah itu berempat.

Think Pairs Square memberikan kesempatan kepada siswa mendiskusikan ide-ide mereka dan menyediakan sarana bagi mereka untuk melihat metodologi pemecahan masalah lain. Jika salah satu pasangan siswa tidak mampu menyelesaikan masalah, pasangan siswa lain sering dapat menjelaskan jawaban mereka dan metodologis. Akhirnya, jika masalah yang ditimbulkan tidak memiliki "benar" menjawab, dua pasang siswa dapat menggabungkan hasil mereka dan menghasilkan jawaban yang lebih komprehensif.

Langkah-langkah:

a. Guru memberikan suatu permasalahan/pertanyaan pada kelas. Misalnya, guru bertanya,”Apa yang dimaksud dengan pemanasan global? Mengapa isu pemanasan global sedang ramai dibicarakan orang? Adakah tanda-tanda terjadinya pemanasan global di kota kita ini?”

b. Setiap siswa secara individual diminta untuk merenungkan kemungkinan jawabannya terlebih dahulu. Guru memberikan waktu yang cukup. Tahap ini disebut tahap Berpikir/Think.

c. Setelah siswa mencari/memikirkan jawaban atau tanggapan sendiri-sendiri, guru kemudian meminta siswa secara berpasangan mendiskusikan jawaban mereka. Pada kesempatan ini mereka bisa saling bertukar pikiran dan argumentasi tentang permasalahan yang disampaikan oleh guru. Tahap ini tahap berdiskusi Berpasangan/in Pairs.

d. Setelah diskusi berpasangan dirasakan cukup, guru mengundang tiap siswa / pasangan siswa untuk berdiskusi atau bertukar pendapat dan argumentasi terhadap permasalahan yang diajukan guru dengan siswa / pasangan siswa yang lain. Tahap ini disebut Berempat/Square.


Salam Belajar!

2 comments:

Sriayu said...

Salam kenal jg Pak...
Senang skali ketemu blogger dr Langkat. Content blog Bapak bgs banget. Boleh nge-link ? Kalo boleh ntar saya pajang d blogger sahabat.
Keep in touch...!!

Paksiman said...

@Sriayu : Terima kasih atas kunjungannya. Silakan di-link jika diperlukan, bukankah berbagi itu menyenangkan (share is fun)!

 

©2008 - 2011 paksiman@BLOG | Template Blue by TNB