Pembelajaran Kooperatif: Numbered Heads Together

|

Numbered Heads Together / Anggota Bernomor Bekerja Bersama (AB3) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1992.
Pada model pembelajaran ini, setiap siswa diberi nomor kemudian dibuat suatu kelompok kemudian secara acak guru memanggil nomor dari siswa.

Guru yang menggunakan model pembelajaran ini membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Masing-masing siswa dalam kelompok sengaja diberi nomor untuk memudahkan kinerja kerja kelompok, mengubah posisi kelompok, memberikan persoalan materi bahan ajar
kemudian bekerja kelompok, mempresentasikan, dan mendapat tanggapan dari kelompok lain.

Langkah-langkah:

a. Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari empat orang.

b. Setiap anggota kelompok mendapat nomor 1, 2, 3, dan 4.

c. Guru (atau siswa atau kelompok) memberikan pertanyaan berdasarkan teks yang dibaca. Misalnya: Bagaimanakah proses terjadinya efek umpan balik dalam pemanasan global? Guru juga bisa memberikan bentuk tugas yang lain.

d. Semua siswa dalam kelompok masing-masing bekerja sama mencari dan membahas jawaban/pemecahan atas pertanyaa/masalah yang diberikan. Kelompok memastikan bahwa setiap anggota menguasai jawaban/jalan keluar atas masalah yang diberikan.

e. Setelah diskusi di dalam kelompok di rasa cukup, guru memanggil siswa dengan nomor-nomor tertentu untuk menjawab atau melaporkan. Misalnya jika guru memanggil nomor 4, itu berarti semua siswa bernomor 1 harus siap untuk terpilih memaparkan jawaban atas permasalahan yang diberikan guru.

f. Guru meneruskan proses pembelajaran dengan memanggil nomor-nomor yang lain.

Salam Belajar!

0 comments:

 

©2008 - 2011 paksiman@BLOG | Template Blue by TNB