May 11, 2009

Neraca Perusahaan Jasa

A. Pengertian Neraca

Neraca adalah suatu bentuk laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan posisi keuangan berupa harta, utang, dan modal pada suatu perusahaan untuk satu periode akuntansi tertentu.

Unsur-unsur neraca:
1. Harta (aktiva)
2. Utang (kewajiban)
3. Modal (ekuitas)

B. Bentuk Neraca

Neraca dapat dibuat dalam dua bentuk, yaitu:

1. Bentuk skontro

Neraca disusun menjadi dua sisi sebelah-menyebelah, sisi kiri (debit) untuk mencatat harta perusahaan dan sisi kanan (kredit) untuk mencatat utang dan modal perusahaan.

2 Bentuk staffel

Neraca disusun dari atas ke bawah secara berurutan mulai dari harta kemudian diikuti utang dan modal.

C. Langkah-langkah Penyusunan Neraca

1. Judul Laporan

* Menuliskan nama perusahaan, nama laporan, dan periode laporan di tengah atas halaman

2. Isi Laporan

* Harta disusun berdasarkan tingkat likuiditas, artinya yang paling lancar ditulis terlebih dahulu, disusul oleh harta yang mudah dicairkan dan akhirnya harta tetap.

* Utang disusun berdasarkan tanggal jatuh tempo, artinya utang yang lebih dahulu jatuh temponya ditulis lebih dahulu, sedangkan utang jangka panjang ditulis berikutnya.

* Modal disusun berdasarkan lama tidaknya tertanam di perusahaan, artinya modal yang paling lama tertanam pada perusahaan ditulis paling akhir.

D. Contoh Neraca

1. Bentuk skontro (sebelah-menyebelah)









2.Bentuk staffel (laporan)














Salam Belajar!

4 comments:

Anonymous said...

terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Salam kenal juga dan saya jadi ingat pelajaran tata buku di sekolah dulu.

Mr. Photography said...

skalian sama hitungannya dong...
(rumus-rumus, dsb)
trima kasih ilmunya.

Luth said...

Terima Kasih, informasi yang berguna bagi saya. sebagai referensi pembuatan Program Akuntansi.
smsmassal-luth.blogspot.com (Luthfi)

Xclmedia said...
This comment has been removed by the author.