Neraca Perusahaan Jasa

|

A. Pengertian Neraca

Neraca adalah suatu bentuk laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan posisi keuangan berupa harta, utang, dan modal pada suatu perusahaan untuk satu periode akuntansi tertentu.

Unsur-unsur neraca:
1. Harta (aktiva)
2. Utang (kewajiban)
3. Modal (ekuitas)

B. Bentuk Neraca

Neraca dapat dibuat dalam dua bentuk, yaitu:

1. Bentuk skontro

Neraca disusun menjadi dua sisi sebelah-menyebelah, sisi kiri (debit) untuk mencatat harta perusahaan dan sisi kanan (kredit) untuk mencatat utang dan modal perusahaan.

2 Bentuk staffel

Neraca disusun dari atas ke bawah secara berurutan mulai dari harta kemudian diikuti utang dan modal.

C. Langkah-langkah Penyusunan Neraca

1. Judul Laporan

* Menuliskan nama perusahaan, nama laporan, dan periode laporan di tengah atas halaman

2. Isi Laporan

* Harta disusun berdasarkan tingkat likuiditas, artinya yang paling lancar ditulis terlebih dahulu, disusul oleh harta yang mudah dicairkan dan akhirnya harta tetap.

* Utang disusun berdasarkan tanggal jatuh tempo, artinya utang yang lebih dahulu jatuh temponya ditulis lebih dahulu, sedangkan utang jangka panjang ditulis berikutnya.

* Modal disusun berdasarkan lama tidaknya tertanam di perusahaan, artinya modal yang paling lama tertanam pada perusahaan ditulis paling akhir.

D. Contoh Neraca

1. Bentuk skontro (sebelah-menyebelah)









2.Bentuk staffel (laporan)














Salam Belajar!

4 comments:

willyedi said...

terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Salam kenal juga dan saya jadi ingat pelajaran tata buku di sekolah dulu.

Edward said...

skalian sama hitungannya dong...
(rumus-rumus, dsb)
trima kasih ilmunya.

Indonesia said...

Terima Kasih, informasi yang berguna bagi saya. sebagai referensi pembuatan Program Akuntansi.
smsmassal-luth.blogspot.com (Luthfi)

Rizky Nuro said...

ijin copy paste untuk tugas sekolah ya gan.. terima kasih banyaaak....

 

©2008 - 2011 paksiman@BLOG | Template Blue by TNB