Feb 21, 2009

Membuat Akun Pembuat Tes Online di ProProfs

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat tes online. Salah satunya memanfaatkan layanan yang diberikan secara gratis oleh situs-situs pembuat tes. Pada tutorialnya ini kita akan memanfaatkan layanan dari http://www.proprofs.com/.

ProProfs.com adalah situs pengetahuan yang menyediakan sumber daya dan alat-alat online untuk pertukaran pengetahuan secara gratis. Didirikan dengan gagasan bahwa pengetahuan harus bebas tersedia untuk semua orang. ProProfs.com menyediakan perangkat lunak pembuat tes di Web (Blog) secara gratis. Dengan fitur seperti statistik, analisis hasil, identifikasi pengguna secara geografis, hasil yang fleksibel, pengaturan tampilan, dan kemudahan dalam penempatan di Web (Blog). ProProfs.com mendukung pembuatan beberapa bentuk tes yang biasanya di adakan di sekolah-sekolah.

Untuk dapat menggunakan layanan yang ada di ProProfs.com, terlebih dahulu kita harus membuat account di ProProfs.com. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Aktifkan salah satu browser misalnya Mozilla Firefox atau Internet Explorer.

2. Ketikkan http://www.proprofs.com/ di address bar, lalu tekan tombol Go atau Enter, sehingga muncul tampilan sebagai berikut:



















3. Klik "Quiz School" seperti yang tampak pada gambar di atas.

4. Lalu pilih dan klik "Register" pada tampilan laman berikutnya.




5. Lengkapi daftar isian berikut:













username: Isikan dengan nama pengguna yang diinginkan.

email: Isikan dengan alamat e-mail yang masih dapat digunakan untuk berbagai keperluan nantinya.

password: Isikan dengan password untuk masuk ke account (minimal 5 karakter).

verify password: Isikan lagi password diatas sekali lagi.

5. Setelah semua data diisi dengan benar, langkah berikutnya adalah memberi tanda centang pada kotak pilihan I have read, understood and agree to the terms and conditions dan menekan tombol Create my account.

Jika sudah muncul pesan sebagai berikut:
"Congratulations on creating your ProProfs account. Welcome!"

Berarti berhasil ....., HORE!!! Kita sudah dapat menggunakan layanan ini. Jangan lupa untuk Logout, jika telah menyelesaikan pekerjaan kita.


Salam Belajar!

4 comments:

SAWALI TUHUSETYA said...

wah, infonya sangat bermanfaat banget, paksiman saya mau mencobanya. makasih info san share-nya, pak.

Anonymous said...

nice info, makasih pak..

Unknown said...

thanks infonya ya Pak, namun untuk memasukan atau menyisipkan tes atau quis online yg telah kita buat ke blog kita gimana caranya pak thanks....balas via email ya Pak. bravoooo

Unknown said...

iyah nih pa, cara menyisipkan quis kita di blog gimana?