Meredam Letupan Emosi dengan Cepat

|


Luapan emosi dan rasa marah kadang membuat kita merasa gundah dan gusar berkepanjangan. Keadaan yang tidak nyaman ini hanya dapat diatasi jika saja kita tahu cara untuk meredam letupan emosi dengan cepat, sehingga kita dapat segera lepas dari situasi ini. Tunda dulu bantuan profesional untuk mengatasinya, dan cobalah tips berikut:

5 detik
Ketika darah Anda naik karena emosi, segera kepalkan kedua telapak tangan saat mengambil napas dan buka kepalan tersebut saat menghembuskan napas.

10 detik
Tarik napas sambil mengangkat bahu Anda tinggi-tinggi dan tahan. Turunkan bahu perlahan saat menghembuskan napas. Saat menurunkan bahu rasakan bahwa Anda melepas semua beban yang ada di pundak Anda.

30 detik
Kombinasikan gerakan kepala ke kanan dan ke kiri untuk merilekskan otot pada tungkai leher. Lakukan gerakan mudah ini saat Anda merasa kesal dan emosi.

45 detik
Duduklah di kursi, pejamkan mata dan tempelkan telapak kaki di lantai. Bayangkan Andalah yang mengatur seluruh hidup Anda, kemudian katakan “Stop!” sambil menghentakkan kaki Anda, yang Artinya Anda harus segera menghentikan kemarahan sekarang juga. Kemudian ambil napas dalam dan hembuskan.

60 detik
Ingatlah 25 kata-kata positif yang mendeskiripsikan diri Anda. Misalnya setia, tolerasi, supel, murah hati, tidak mudah marah, rendah hati dan lain sebagainya. Tuliskan kata-kata tersebut di selembar kertas dan tempelkan di tempat yang mudah Anda lihat. Di kantor, Anda bisa menempelkannya di soft board depan meja kerja, sementara di rumah tempelkan cermin meja rias Anda. Bila Anda sedang emosi, lihat kembali kertas tersebut untuk mengingatkan bahwa diri Anda sangat berharga.

0 comments:

 

©2008 - 2011 paksiman@BLOG | Template Blue by TNB