Jul 17, 2018

Konsep Ilmu Ekonomi - Bagian Pertama

A. Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi

1. Pengertian Ilmu Ekonomi

Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yakni oikonomia. Asal katanya adalah oikos yang berarti keluarga atau rumah tangga dan nomos yang berarti peraturan, aturan, atau hukum. Jadi oikonomia dapat diartikan sebagai aturan rumah tangga.

Pemikiran Yunani tentang ekonomi ini dikembangkan para ahli untuk mendefinisikan ilmu ekonomi, antara lain:
a. Adam Smith mengatakan bahwa ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.
b. J. B. Say menyatakan bahwa ekonomi sebagai suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan.
c. Alfred Marshall mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang umat manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian dan penggunaan kesejahteraan material.
d. Richard G. Lipsey menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.
e. Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikan untuk keperluan konsumsi saat ini, atau di masa mendatang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat.

2. Pembagian Ilmu Ekonomi

Ekonomi sebagai ilmu dapat dibagi menjadi beberapa kajian ilmu, sebagai berikut:
a. ilmu ekonomi deskriptif, yaitu ilmu ekonomi yang menggambarkan kondisi sebenarnya berdasarkan kondisi fakta dalam perekonomian.

b. ilmu ekonomi teori, yaitu ilmu ekonomi yang berusaha menjelaska, mencari pengertian, hubungan sebab akibat, dan cara kerja sistem ekonomi dalam kehidupan masyarakat.

c. ilmu ekonomi terapan, yaitu ilmu ekonomi yang menganalisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan-kebijakan dan pedoman yang tepat untuk menangani masalah ekonomi tertentu.