4 Benteng Penjaga Anak dari Informasi Menyesatkan

|

Internet sangat kaya akan sumber informasi. Beragam informasi bisa kita peroleh dari internet. Namun sayangnya tidak semua informasi yang terpampang merupakan informasi yang baik, kadang kita jumpai informasi yang menyesatkan atau bahkan menanamkan kebencian.

Bagi orang dewasa mungkin informasi tersebut tidak terlalu merisaukan, karena biasanya mereka lebih bisa memilah benar tidaknya suatu berita. Tapi bagaimana dengan anak-anak dan remaja? Bisa dibilang mereka merupakan golongan usia yang rentan terhadap pengaruh dari luar.

Agar anak tidak mudah termakan dengan informasi yang menyesatkan dari internet, latihlah mereka untuk berfikir kritis terhadap suatu informasi. Berikut 4 benteng yang bisa membantu anak berfikir kritis dan mampu memilah baik buruknya sebuah informasi:

1. Latihlah dari usia sedini mungkin
Hal ini penting karena saat ini anak-anak TK pun sudah mulai dikenalkan dengan internet. Akan lebih baik jika sejak dini mereka mulai diajarkan untuk membedakan fakta dan opini serta mengenali informasi yang sifatnya bias, propaganda dan menjelek-jelekkan.

2. Tanyakan informasi apa saja yang mereka peroleh di internet
Anda bisa menanyakan apa tujuan dari situs yang mereka buka, situs hiburan atau penjualan? Apakah situs tersebut mencantumkan informasi pemiliknya? Dengan begitu anak-anak anda tahu bahwa informasi yang mereka peroleh sumbernya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

3. Kenalilah situs yang dibuka
Apakah situs yang mereka buka merupakan situs perusahaan, individu atau milik kelompok masyarakat? Dengan begitu, mereka bisa memilah apakah situs yang dibuka merupakan situs terbaik untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.

4. Tekankan mereka untuk melakukan cross check dengan sumber lain
Agar informasi yang mereka peroleh tidak menyesatkan, biasakanlah untuk melakukan perbandingan dengan sumber lain. Mereka bisa membandingkan dari situs lain atau bisa juga dari media lainnya seperti koran, majalah ataupun buku. Dampingilah saat melakukan cross check, dengan begitu mereka memperoleh sumber alternatif terhadap suatu informasi, sehingga lebih akurat.

Sumber : microsoft.com

2 comments:

blog KEL.PURWOKO AGUNG NUGROHO Th.M said...

hebat pak siman klik www.myfezbux.tk n join
thx

Riqky blog said...

artikelnya keren
tukeran link pak
www.riqkyblog.co.cc

 

©2008 - 2011 paksiman@BLOG | Template Blue by TNB