Apa Itu Tes Online?

|

Tes di sekolah dengan berbagai ragam bentuknya merupakan kegiatan reguler yang dilakukan oleh guru dan siswanya. Dalam tes, guru membuat pengukuran dan penilaian terhadap prestasi belajar siswa setelah mengikuti suatu kompetensi pembelajaran dari satuan pelajaran tertentu dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).

Bukan hanya bagi siswa, pemberian tes harus diakui sebenarnya merupakan pekerjaan yang melelahkan bagi guru. Namun walau melelahkan, pemberian tes memiliki tujuan penting untuk tetap dilakukan. Beberapa tujuan penting itu antara lain:
a) mengetahui tingkat kemampuan siswa
b) mengukur pertumbuhan dan perkembangan siswa
c) mendiagnosis kesukaran belajaran siswa
d) mengetahui hasil belajar
e) mengetahui pencapaian kurikulum
f) mendorong siswa untuk belajar
g) mendorong guru agar mengajar yang lebih baik

Banyak cara diupayakan untuk mempermudah pelaksanaan tes, salah satunya adalah mengadakan tes online. Tes online dilakukan dengan menggunakan media komputer dan internet.

Pelaksanaan tes online ini pada dasarnya sama seperti tes yang dilakukan seperti biasanya. Soal tes dapat berbentuk:
- Benar Salah
- Pilihan Ganda
- Menjodohkan
- Mengisi
- Jawaban Singkat
- Esai
- dsb
Namun dengan tes online, banyak kelebihan yang dapat diperoleh, seperti soal yang urutan nomornya dapat diacak, jumlah pilihan yang dapat disesuaikan, hasil tes (untuk bentuk tes tertentu) yang dapat diketahui secara langsung setelah tes selesai dilakukan, dan masih banyak kemampuan lainnya.

Saat ini sudah banyak pogram aplikasi dan juga situs yang menawarkan pembuatan soal untuk tes online. Dengan kemampuan yang semakin baik, setidaknya dapat membantu guru dan juga siswa mencapai tujuan kegiatan belajar dan mengajar.


Salam Belajar!

1 Comentário:

Hindraswari said...

ditunggu lanjutannya. contoh tes online nya seperti yang di bawah itu ya Pak?

 

©2008 - 2011 paksiman@BLOG | Template Blue by TNB